Berita  

Solidaritas UEA Meninggalnya Muallaf Daria Kotsarenko

Masyarakat UEA solid memakamkan muallaf Daria Kotsarenko
Tangkapan layar akun X @Janaza_uae

Sebuah kabar duka mengguncang Dubai dengan meninggalnya seorang wanita Ukraina berusia 29 tahun, Daria Kotsarenko, hanya beberapa waktu setelah ia memeluk Islam. Informasi ini dilaporkan oleh sebuah akun media yang secara khusus mengkhususkan diri dalam informasi mengenai shalat jenazah di wilayah tersebut.

Berdasarkan laporan dari Media Bites News pada Rabu, 3 April 2024, warga Emirat berbondong-bondong menghadiri shalat jenazah di Masjid Pemakaman Al Qusais pada Jumat, 29 Maret untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Daria Kotsarenko.

Menurut berbagai sumber di media sosial, Daria awalnya datang ke UEA sebagai turis, kemudian mencari pekerjaan dan menemukan ketertarikan untuk memeluk agama Islam. Data publik menunjukkan bahwa Daria, yang sebelumnya beragama Kristen, resmi memeluk Islam di Dubai pada tanggal 25 Maret 2024.

Namun, nasib tragis menimpanya ketika diduga meninggal karena serangan jantung hanya beberapa jam setelahnya. Kepergiannya yang mendadak terjadi saat ia sedang menjalankan puasa di bulan Ramadan sebagai seorang Muslim baru.

Kisahnya yang menyentuh hati menarik banyak perhatian, memicu doa dan simpati pada pemakamannya pada Jumat, 29 Maret 2024, menunjukkan solidaritas dan kasih sayang dari masyarakat UEA.

Dukungan ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi di UEA, seperti yang terlihat dari kasus-kasus sebelumnya seperti kematian Louis Jene Mitchell, yang juga dikenal sebagai Um Yahya, pada November 2022 lalu.

Pasca meninggalnya Daria, warga Abu Dhabi berduyun-duyun menghadiri pemakamannya untuk memberikan penghormatan terakhir. Letnan Jenderal Sheikh Saif Bin Zayed, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, sebelumnya memberi sambutan positif terhadap tindakan solidaritas ini, menyatakan bahwa hal tersebut mencerminkan nilai-nilai yang dimiliki oleh Emirat.

Meskipun tanpa keluarga atau kerabat di Dubai, kisah Daria yang disebarkan oleh @janaza_uae melalui media sosial pada hari Kamis, 28 Maret 2024, telah membangkitkan kesedihan, cinta, dan dukungan dari masyarakat.