Berita  

Tahap II Pemulangan Jemaah Haji Dimulai

SERAMBIMUSLIM.COM — Pemulangan jemaah haji tahap II dari Madinah ke Tanah Air dimulai. Jemaah kelompok terbang (kloter) 10 Embarkasi Palembang (PLM-10) menjadi rombongan pertama yang diberangkatkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah.

Jemaah PLM-10 berasal OKU Timur Sumsel. Sebanyak 443 jemaah ini diberangkatkan dengan 11 bus dari hotel menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah. Keberangkatan mereka dari hotel dilepas Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi, sekitar pukul 23.30 WAS.

“PLM-10 ini merupakan kloter pertama yang akan kembali ke Tanah Air setelah kurang lebih selama sembilan hari berada di Madinah,” ujar Ali Machzumi, Kamis (04/07).

Ali mengatakan tidak ada kendala dalam pemulangan perdana jemaah haji gelombang kedua ini. Jemaah PLM-10 dijadwalkan terbang dari Bandara AMAA pukul 04.20 WAS (waktu Arab Saudi).

“Alhamdulillah kita tadi proses menurunkan jemaah dari kamar menuju loby hotel semuanya berjalan lancar. Jemaah sudah siap. Saat bus datang, jemaah langsung masuk ke dalam bus masing-masing. Bahkan jemaah sudah siap satu jam sebelum jadwal keberangkatan bus ke bandara,” kata Ali.

Wajah jemaah PLM-10 tampak sumringah. Mereka terlihat bersemangat saat keluar dari hotel menuju bus yang akan membawanya ke bandara.

Salah satu jemaah, Syalila (60), ketika ditanya perasaannya akan segera kembali ke tanah air, mengaku sangat senang. Dia telah menuntaskan rangakaian ibadah haji serta melaksanakan ibadah di Madinah.

“Sangat senang alhamdulillah, senangnya tidak ternilai, meski tempat di sini sama yang di rumah itu masih mewah di sini,” ungkap Syalila.

Ungkapan kegembiraan serupa juga disampaikan Mukani (55) asal Oku Timur. Dia mengaku senang namun juga sedih karena harus meninggalkan Kota Nabi. “Secara keseluruhan pelayanan petugas haji bagus, pelayanan hotel juga bagus, pelayanan pembimbing haji, dan petugas haji juga bagus karena membantu semua jemaah,” ujarnya.

Jemaah PLM 10 merupakan kloter paling awal di antara 22 kloter yang akan kembali ke tanah air pada 4 Juli 2024. Proses pemulangan jemaah haji gelombang II dari Madinah ini akan berlangsung hingga 23 Juli mendatang. Total ada 324 kloter yang akan terbang ke Tanah Air dari Bandara AMAA Madinah.